Kamis, 15 Maret 2012

lensa yg sering digunakan saat merias

Contact Lens: Resiko Bagi Pemakai

18-06-2011 diposkan oleh melindacare

Contact Lens: Resiko Bagi Pemakai
      Contact lens adalah sebuah piringan kecil dengan model plastik tipis yang dipasang pada bola mata Anda, dan hanya seperti itu, memang sedikit tidak jelas namun tetap dapat mempertajam pada sebuah fokus. Contact lens membawa visi normal untuk massa jarak dekat dan jarak pandang jauh. Begitu banyak dari kita memakai contact lens saat ini, dan benda kecil tersebut pun telah menjadi begitu sangat mudah dipakai hingga terkadang kita mungkin mendapatkan sedikit kelalaian merawat contact lens tersebut.
      Ketika kita gagal dalam penggunaannya memakai dengan benar, merawat, dan membersihkan contact lens, mata kita menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Bagi para pemakai contact lens, perhatikan dari 10 resiko ini jika Anda menggunakan benda kecil yang satu ini.
Ketika Anda menangani lensa kontak
Tentu, langkah ini mengundang infeksi dan iritasi saat Anda menempatkan jari di mata Anda. Yang perlu Anda lakukan sebelumnya adalah mencuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh contact lens atau mata Anda, dan memotong kuku hingga pendek sehingga tidak terjadi robek saat merawat lensa. Jangan gunakan air keran untuk membersihkan contact lens hal ini agar terhindar dari bakteri yang menempel pada solusi contact lens Anda. Tanyakan perawatan mata yang baik dengan ahli mata profesional, solusi apa yang tepat bagi Anda.
Bila Anda memakai lensa terlalu lama
Ada alasan bagus mengapa banyak dokter mata tidak menyarankan penggunaan yang terlalu lama dalam pemakaian contact lens. Contact lens dapat menahan masuknya oksigen ke dalam mata Anda. Jika Anda memakainya dalam waktu semalaman atau lebih lama daripada yang disarankan oleh dokter mata, ini dapat meningkatkan resiko infeksi bekas luka kornea atau bahkan dapat menyebabkan kebutaan.
Ketika Anda mengambil obat
Ketika akan melepaskan contact lens dari mata Anda untuk disimpan di tempatnya, tentu saja Anda harus membersihkan terlebih dahulu contact lens yang sudah Anda pakai sebelumnya. Tapi apakah Anda tahu bahwa beberapa jenis obat dapat berdampak pada contact lens yang Anda gunakan? Seperti jenis pil KB yang dapat meningkatkan estrogen dan bisa membuat mata seorang wanita lebih sensitif terhadap contact lens, serta berkurangnya air mata dan membuat mata kering. Antihistamin untuk meringankan alergi mungkin juga dapat menyebabkan mata Anda menjadi kering. Bahkan beberapa jenis obat jerawat dapat menyebabkan sensasi gatal, dan asam asetilsalisilat (ASA) bisa membuat mata iritasi. Sebelum Anda menggunakan obat mata untuk pemakaian contact lens, pastikan untuk memberitahu ahli mata profesional, perawatan mata dan obat-obatan mana yang baik yang harus Anda gunakan secara teratur.
Ketika solusi Anda menjadi masalah
Contact lens hadir dengan berbagai macam variasi. Saat Anda mengharuskan memakai contact lens terkadang tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Mungkin Anda akan mengalami iritasi mata atau bisa berakibat infeksi karena pemakaian yang tidak cocok. Anda juga perlu berhati-hati karena dari masing-masing jenis produk mengandung pengawet yang dapat membuat mata Anda teriritasi. Bila memang tanggal kadaluarsa telah melewati tanggal yang telah ditentukan, maka sebaiknya jangan Anda gunakan lagi. Masalah bisa timbul ketika Anda beralih ke merek lainnya. Jika Anda akan berpergian, usahakan untuk tidak memindahkan larutan pembersih contact lens ke wadah kecil. Hal ini tentu juga akan meningkatkan resiko terkontaminasi.
Ketika mata Anda terlalu kering
Sejak contact lens menutupi permukaan mata dan membatasi oksigen, banyak pemakai mengalami mata kering. Dan kekeringan ini dapat menjadi lebih buruk jika Anda berada dalam situasi tertentu. Bawalah obat tetes mata yang Anda gunakan saat pemakaian contact lens setiap Anda akan berpergian.
Bila Anda memakai make-up
Saat Anda menggunakan riasan atau make up, sebaiknya hindari dahulu untuk pemakaian contact lens. Karena dengan Anda menggunakan riasan di daerah sekitar mata kemungkinan bisa mengakibatkan iritasi. Jangan pernah menerapkan riasan mata seperti, maskara, atau eyeliner karena dapat menyebabkan mata bengkak, mata merah, atau terinfeksi. Pilihlah maskara yang tahan air dengan memiliki kelembaban berbasis air hypoallergenic. Jika Anda ingin memakai contact lens, pakailah di saat sebelum Anda menggunakan make-up.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar